2012-01-11

Cara Upgrade Motorola EM30

Motorola
Rasa penasaran akan produk motorola lawas selalu menggebu sayang untuk mendapatkan handphone nya  susah, kalaupun ada kondisinya hancur, entah itu casing, atau mesin. untuk casing pun sekarang juga terasa susah untuk mencarinya apalagi casing yang kualitas bagus malah tidak ada lagi bisa saya jumpai di pasaran. pernah punya pengalaman dengan Motorola E398 dan ROKR E1 dan Upgrade firmware modding sendiri dengan dukungan software yang berlimpah di forum-forum modding.

EM0
Sekarang yang menjadi topik adalah Motorola EM30. banyak dari user EM30 mengeluh dengan performa handphone yang terasa lelet dan lemot membuat penggiat modding bergerak untuk mencari solusinya dengan menghadirkan firmware modding sebagai pilihan untuk perangkat ini agar kinerja dari handphone ini tidak kalah, begitu juga dengan tampilan dan aplikasi java.
Pertanyaannya bagaimana cara Upgrade atau flash ulang sendiri tanpa perlu ke counter handphone.
Langkah pertama :
- Siapkan software yang di perlukan seperti "RSD Lite" dan "USB Driver" serta "P2K Commander" dan satu lagi adalah "Motorola Phone Tool" (file bisa di download di bawah)
-  Instal lebih dahulu software di atas
- 06.A9 NoRSA/Bootloader (file bisa di download di bawah)
- Stock Firmware (file bisa di download di bawah)
- MP (monsterpack) FW (file bisa di download di bawah)

Langkah selanjutnya :
Sebelumnya pastikan sobat sudah backup data terlebih dahulu apalagi no contak telepon dan Selanjutnya pastikan battrai handphone Full
- Matikan handphone dan kemudian tekan *,# dan tombol ON/OFF secara bersamaan jika berhasil akan muncul di lcd handphone versi Software dan bootloader handphone
- Jalankan software RSD Lite yang telah di download
- Sambungkan Handphone ke PC dengan menggunakan kabel data (sebelumnya pastikan handphone terdeteksi di PC)
-  Setelah handphone terdeteksi di RSD Lite maka langkah selanjutnya pilih box seperti pada gambar untuk mengambil file 06.A9 NoRSA bootloader dengan ekstensi file .sbf,  setelah itu klik START dan proses akan berjalan lebih kurang 5 menit (tergantung kepada PC) handphone akan restart sendiri, setelah proses selesai di bagian RSD Lite akan tertulis PASS yang berarti proses telah selesai.
RSD
- Matikan kembali handphone dan lakukan kembali tekan *,# dan tombol ON/OFF secara bersamaan dan ikuti kembali proses seperti di atas bedanya sekarang yang akan kita pilih filenya adalah file MP (monsterpack) FW/FW stock (standar) kemudian klik START untuk memulai proses Upgrade/flash handphone akan kembali restart sendiri dan di RSD Lite akan tertulis kembali tulisan PASS berarti proses Upgrade telah selesai NB: Buat yang memilih FW stock harus dilakukan langkah di atas kembali dengan pilihan MP (mosterpack) FW sampai proses selesai.

- Setelah itu masuk ke menu Seting, Phone Seting Pilih Reset dan Delete All Data masukan Kode Security handphone dan selanjutnya handphone akan restart sendiri.

- Buat File MP (monsterpack) FW yang mempunya file tambahan seperti RockBox bisa di copy ke dalam memory card.

Akhirnya selesai juga dan penyakit lelet atau lemot handphone akan hilang, selamat berexperimen dan ingat RESIKO di tanggung sendiri dan bukan tanggung jawab penulis.

di bawah ini adalah salah satu tampilan EM30 setelah di Upgrade dengan MP (monsterpack) FW modding
Themes 1

Themes 2

Driver

Bootloader

Stock FW

MP (monsterpack) FW
Imperfecto  4.1/Imperfecto 4.1
Imperfecto maxima 8