Jumat, 06 Januari 2012

KIAT Esemka Mobil Buatan Anak SMK

Beberapa waktu yang lalu kita sempat di hebohkan dengan kreatifitas anak-anak smk yang kembali memamerkan karya cipta mereka dengan bekerja sama dengan KIAT motor lahirlah mobil SUV yang diberi nama KIAT Esemka dengan kandungan lokal mencapai 80% setidaknya dapat menekan harga KIAT Esemka dibawah harga mobil-mobil yang telah lebih dahulu merajai pangsa pasar otomotif Indonesia.

Kiat Esemka menjadi topik utama pemberitaan, apalagi dengan langkah-langkah yang di ambil Wali Kota Solo Bapak Joko Widodo (Jarkowi) dengan membeli KIAT Esemka untuk dijadikan mobil dinasnya, tak lama berselang pesanan dari berbagai kalangan pun berdatangan mulai dari Bupati, Anggota Dewan maupun pihak lain.


Dengan mesin 1.5i segaris 4silinder 16 valve DOHC berkapasitas 1500cc dapat memuntahkan tenaga sebesar 105 hp pada 5.500 rpm dengan Torsi 145 Nm pada 1400 rpm, di dukung dengan sistem pembakaran multi-point injection. kapasitas tangki bahan bakar mampu menampung bahan bakar sebanyak 75 liter, konsumsi 1:12 untuk penggunaan dalam kota dan 1:13.5 untuk pemakaian luar kota, sistem transmisi KIAT Esemka menggunakan 5 percepatan manual. mobil yang berdimensi panjang 5.035 mm lebar 1.620 mm dan tinggi 1.608 mm memakai suspensi double wishbone untuk depan dan pegas daun axle rigid untuk bagian belakang.

Banyak harapan yang lahir atas kehadiran KIAT Esemka untuk menjadi Mobnas, untuk itu dibutuhkan dukungan penuh pemerintah dan jajaran terkait untuk mewujudkan itu semua, atau KIAT Esemka akan bernasib sama dengan pendahulu-pendahulunya yang akhirnya hilang tak tahu rimbanya. apalagi bila kita kembali melihat kebelakang beberapa perusahaan yang telah mencoba menggulirkan rencana Mobnas seperti Mobil Tawon (PT. Super Gasindo), Komodo (PT. Fin Tetra Indonesia), GEA (PT. INKA), Mahator (PT. Maha Era Motor), Kancil (PT. Karunia Abadi Niaga Citra Lestari), Wakaba (Universitas Pasundan), Marlib (Marlib Electric Vechicle).

Dan pada akhirnya KIAT Esemka untuk sementara waktu harus diam di garasi karena permasalahan ijin yang belum selesai, semoga semua ini menjadi tonggak kebangkitan industri otomotif indonesia dengan harapan dukungan penuh pemerintah dan pihak terkait, dan semoga apa yang sudah di kerjakan dan di hasilkan tidak menjadi pekerjaan sia-sia seperti hal nya yang terjadi kepada pendahulu KIAT Esemka

beberapa photo proses perakitan KIAT Esemka yang di dapat dari google
gambar 1

gambar 2

gambar 3

gambar 4

gambar 5

gambar 6

Tidak ada komentar :

Posting Komentar