Selasa, 17 Januari 2012

Sejarah Kelahiran Android

Android
Siapa yang tak kenal dengan OS satu ini, apalagi saat ini begitu tren dan sebagian masyarakat Indonesia sudah mengenalnya apalagi dengan nama lainnya yang begitu mudah untuk di ingat "Robot Hijau". karena itu saya akan mencoba menulis sejarah kilas balik lahirnya Android OS yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Android merupakan sistem operasi berbasiskan Linux yang di buat untuk perangkat Ponsel. Pada awalnya Android merupakan salah satu perusahaan Independen yang berdiri sendiri yang bernama Android Inc., yang dipelopori oleh Andy Rubin dan pada tahun 2005 di akuisisi oleh Google Inc.


Langkah pembelian ini dilakukan Google karena melihat potensi yang sangat luar biasa pada perangkat keras yang diciptakan Andy Rubin dengan nama T-Mobile SideKick yang merupakan alat elektronik untuk men-scan benda dan memperoleh informasi tentang benda tersebut dengan memanfaatkan Search Engine Google (SEO)

Seiring bergabungnya Android Inc. bersama Google secara tidak lansung membawa keuntungan besar juga untuk Google dibagian tenaga ahli, Andy McFadden, Richard Minner dan Chris White. Andy McFadden salah satu pengembang Web TV dan Moxi Digital sedangkan Richard Minner adalah mantan vice presiden perusahaan telekomunikasi Orange dan Chris White sendiri adalah salah satu perancang tampilan serta Interface Web TV.

Untuk mengembangkan Android maka Google membentuk Open Handset Alliance, sebuah konsorsium lahir dari gabungan 34 perusahaan Software, hardware dan telekomunikasi termasuk didalamnya Google, HTC, Motorola, Quallcomm, Intel, nVIDIA, T-Mobile ini dilakukan Google untuk membantu timyang dipimpin oleh Andy Rubin yang ditugaskan untuk mengembangkan perangkat seluler berbasis Android.

Pada 5 November 2007 Android bersama Open Handset Alliance (OHA) mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler dan mereka mengumumkan produk pertama perangkat mobile yang merupakan hasil modifikasi Kernel Linux 2.6 sejak di rilis Android telah banyak melakukan pengembangan dan perbaikan pada bug serta penambahan fitur-fitur terbaru sampai akhirnya Android menjadi salah satu sistem operasi yang banyak dipakai perangkat seluler di dunia. Seperti Samsung, HTC, Motorola, LG, Sony Ericcson dan lainnya.

Sekarang kita lihat berbagai versi Android OS
Android v1.1 
Diluncurkan pada 9 Maret 2009. Android ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, pencarian suara, pengiriman pesan dengan GMail, dan pemberitahuan e-mail.

Android v1.5 (Cupcake)
Pada versi ini telah ditambahkan fitur seperti Multimedia, dukungan Bluetooth A2DP, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Android v1.6 (Donut)
Update proses pencarian yang lebih baik, penggunaan baterai indikator, kontrol apllet VPN


Android v2.0/2.1 (Eclair)
Pada versi ini lebih ditujukan kepada pengoptimalkan hardware di luncurkan pada 3 Desember 2009.


Android v2.2 (Froyo)
Diversi ini banyak mengalami perubahan antara lain adalah adanya dukungan Adobe Flash 10.1, Integrasi V8 JavaScript Engine yang dipakai Google Crome yang mempercepat kemampuan Rendering pada browser, kecepatan kinerja dan aplikasi sampai lima kali lebih cepat dari sebelumnya. versi ini di luncurkan pada 20 Mei 2010.

Android v2.3 (Gingerbread)
6 Desember 2010 Google kembali meluncurkan versi terbaru Android. pada versi ini Android melakukan perubahan pada peningkatan aplikasi dan penggunaan UI yang lebih baik dari sebelumnya.

Android v3.0/3.1 (HoneyComb)
OS ini dirancang khusus untuk tablet, OS ini mendukung ukuran layar lebih besar dan juga mendukung multi-processor dan akselerasi hardware untuk pengolahan data yang lebih baik

Android v4.0 (Ice Cream sandwich)
Pada Versi terbaru ini juga banyak mengalami pengembangan dan perunahan baik dari segi interface, fitur dan lainnya antara lainnya penggunaan Android Beam yang berbasiskan teknologi NFC, dengan fitur ini pertukaran informasi dan data dilakukan melalui teknologi NDEF Push. yang kedua adalah Instat voice fitur perintah melalui suara. Google+. FaceUnlock.

semoga informasi dapat menambah wawasan kita semua.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar