Rabu, 08 Februari 2012

ADA APA DENGAN FACEBOOK? (what's wrong with facebook?)

Ada Apa Dengan FB
Dengan anggota mencapai 845 juta orang dengan dengan penggunaan lebih dari 70 bahasa menjadikan Facebook sebagai situs jejaringan soisial terbesar didunia melewati senior-senornya seperti Twitter dan lainnya. Namun menurut para analisis belakangan ini pertumbuhan keanggotaan facebook mulai terasa melambat dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya, sekarang ini facebook butuh pengguna facebook lebih banyak melihat iklan dan melakukan transaksi melalui iklan difacebook.

30 persen Pendapatan facebook berasal dari permainan game online, dan 40 persen lagi didapat dari iklan bisnis Facebook. Pada tahun 2011, jumlah iklan yang ditayangkan Facebook naik 42 persen dari tahun ke tahun, sementara untuk harga rata-rata per iklan disampaikan naik 18 persen. Pihak facebook juga mengklaim sebanyak 4 juta halaman iklan telah disiapkan oleh badan usaha yang akan menggunakan facebook sebagai media iklan produk mereka, tapi tidak disampaikan berapa banyak perusahaan yang membayar untuk itu.

Miliaran dolar yang didapat Facebook tahun lalu bukanlah satu jaminan bahwa mereka  menjadi salah satu tersukses, karena untuk tahun ini bila dilihat dari pertumbuhan Facebook yang menurun dan banyak  anggota facebook yang tidak aktif, ditambah perusahaan yang mempunyai iklan diFacebook merasa tidak mendapatkan keuntungan apa-apa dari iklan diFacebook, secara tidak lansung akan menghentikan iklan mereka diFacebook, ini akan berimbas pada pendapatan Facebook. mengapa ini bisa terjadi?, ini terjadi karena Facebook sendiri yang mempunya data-data detail penggunanya tidak dapat memanfaatkan itu secara efisien untuk tujuan iklan yang lebih tepat.

Hebatnya berita tentang IPO yang diajukan Facebook menjadi tanda tanya tersendiri, ada apakah dengan facebook?, ini bisa jadi merupakan langkah yang diambil tim Facebook untuk mengambil keuntungan pribadi karena melihat mulai melambatnya pertumbuhan keanggotaan Facebook, karena menurut survey yang dilakukan di Amerika , banyak kaum mudanya lebih memilih situs sosial seperti twitter karena alasan privasi. Atau langkah pengajuan IPO yang dilakukakan Facebook adalah untuk kemajuan Facebook untuk lebih bisa bersaing dengan perusahaan lain seperti Google.Inc, Apple atau yang lainnya.

Bila kita bandingkan Facebook dengan Google.Inc yang pada tahun lalu mendapatakan keuntungan $38 milliar sedangkan Apple pada tahun lalu membukukan pendapatan hampir $100 milliar, untuk saat ini facebook masih bisnis yang kecil. 

Untuk menuju IPO pun Facebook harus menghadapi tantangan berat karena mereka harus bisa membuat yakin investor bagaimana mereka bisa menjadikan facebook mesin uang dengan cara mengembangkan sistem arus baru pendapatan uang yang dapat memberikan keuntungan kepada investor.  Memang banyak spekulasi pasar yang berkembang nilai IPO Facebook menjadi besar yang awalnya hanya $5 milliar terus berkembang menjadi  $10 milliar dan terus berubah menjadi $50milliar dan terakhir menjadi $75 milliar dan menurut ahli pasar tidak menutup kemungkinan angka ini menembus $100 milliar yang akan menjadi penjualan terbesar sepanjang sejarah. Sepertinya ini hanya permainan pasar yang sebatas spekulasi karena pada kenyataannya sampai detik ini belum ada angka pasti dan kejelasan berita terkait IPO Facebook.

Yang pastinya jika memang IPO Facebook ini berhasil kita tidak tahu seperti apa perkembangan facebook dimasa akan datang. Bisa jadi isu Facebook yang akan berbayar akan kembali meuncul kepermukaan atau aka nada isu-isu lain yang muncul setelah IPO. Kita tunggu saja perkembangannya.

4 komentar :

  1. artikel menarik, saya jadi tahu tentang berita facebook terbaru nich. Makasih

    BalasHapus
  2. jangan sampe deh facebook bayar.. yang pasti mungkin orang bakal beralih ke jejaring sosial lain yang gratis tentunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga nanti kalau proses ipo jadi facebook tetap gratis.kalau nanti facebook berbayar otomatis semua akan pindah ke yang lain

      Hapus