Selasa, 21 Februari 2012

Mengapa Perangkat Komputer Jadi Lemot?

Perangkat komputer menjadi lemot
pagacancang - Sering kita dibuat kesal dan bingung tiba-tiba komputer kita lemot dan sering sekali komputer mengalami hang atau lebih parahnya sampai restart sendiri atau tiba-tiba sedang melakukan pekerjaan mati, sampai membuat kita bosan dan marah ingin banting perangkat komputer kita sendiri. Ups...! jangan sampai kejadian kalau sampai banting, kalau memang mau banting dengan senang hati sobat-sobat pagacancang blog berikan kepada saya. hehehehe...,

kali ini saya coba buat postingan tentang masalah-masalah yang sering kita hadapi sehari-hari dengan komputer kita. dan bagaimana kita untuk mengetahui apa yang terjadi dengan perangkat komputer kita.

  1. Komputer kita menjadi lambat dikarenakan banyaknya program atau software yang terinstall dikomputer padahal aplikasi atau software tersebut jarang kita pakai. Coba periksa kembali komputer kita dengan cara masuk ke dalam Control Panel dan pilih add/remove (XP) uninstall a program (Windows 7), uninstall program-program yang tidak dipakai.
  2. Karena ada masalah pada Harddisk. Harddisk bisa saja low space,  fragmentasi, harddisk sudah lama dipakai sehingga RPMnya melemah, dan terjadinya bad sector pada harddisk. untuk menghadapi masalah ini sobat pagacancang blog bisa lakukan langkah-langkah sebagai berikut : lakukan upgrade harddisk sehingga menambah ruang kosong pada harddisk, lakukan proses defragment pada harddisk secara berkala, bersihkan harddisk dari debu dan hindari dari gonjangan dan suhu panas, dan terakhir sobat bisa melakukan perbaikan dengan menggunakan software atau aplikasi pihak ketiga untuk memperbaiki harddisk sobat.
  3. Komputer mengalami kekurangan memory atau RAM.
  4. Terlalu banyak menggunakan program atau software security seperti Antivirus, Firewall dan lainnya.
  5. Temporary File sudah terlalu banyak. jika Temporarry File sudah banyak ini akan mempengaruhi kinerja dari perangkat komputer kita, karena itu kita harus melakukan pembersihan temporary file secara rutin baik itu secara lansung maupun dengan bantuan aplikasi-aplikasi yang mempunyai fitur untuk menghapus atau membersihkan temporary file.
  6. Banyaknya Startup Program dan service yang berjalan. semakin banyak program atau software yang kita install makan akan semakin banyak pula service dan program yang akan dijalan kan windows saat windaws melakukan startup.untuk mengatasi ini kita bisa lakukan dengan cara masuk ke "System Configuration Utility" atau dengan menggunakan aplikasi lain seperti TuneUp Utilities.
  7. Virus, Malware, Spyware bisa juga menjadi penyebab lambatnya komputer.
  8. Hardware mengalami Overhead. hal ini bisa terjadi pada VGACard, Motherboard, kipas, Processor, gejalanya bisa kita lihat dengan seringnya komputer restart sendiri, atau mati tiba-tiba.
  9. File System mengalami corrupt atau hilang. ini biasa terjadi karena file system terhapus karena antivirus atau file system mengalami kerusakan karena faktor human error. jika ini terjadi bisa diatasi dengan cara repair sistem operasi.
  10. Terjadinya masalah pada koneksi jaringan atau network. bisa jadi terjadi karena tingginya traffic, atau karena virus dan malware bisa juga menyebabkan terjadinya gangguan pada jaringan koneksi.
Untuk sementara itu yang bisa saya bagikan untuk sobat-sobat pagacancang blog. semoga sobat yang lain juga punya solusi yang lain yang lebih mudah.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar