Senin, 13 Februari 2012

Mengenal Lebih Dalam Mengenai iOS Dari Apple Inc.

Apple Inc.
Sobat "pagacancang blog" pasti sudah kenal dengan perangkat yang bernama iPhone?. perangkat yang merupakan keluaran Apple Inc., iOS adalah sistem operasi yang dipakai dan dikembangkan diperusahaan yang sama. Awal pengembangannya OS ini memang dikembangkan untuk iPhone, namun seinring dengan perjalanan waktu iOS juga dikembangkan untuk produk Aplle yang lain, seperti iPod Touch, iPad, Apple TV sehingga iOS lebih identik dengan iPhone.

iOS berasal dari Mac OS X yang juga melibatkan komponen Darwin, sedangkan Darwin sendiri merupakan sistem operasi yang dikembangkan Apple Inc. sistem ini bersifat open source yang berada dibawah Apple Public Source License (APSL).

iOS
Pada iOS terdapat abstraction layers, yang merupakan lapisan pada sistem iOS yang terbagi menjadi empat bagian yang intinya adalah framework yang berfungsi untuk menghubungkan user dengan hardware. Apa saja keempat bagian tersebut?. 
  1. CoreOS Layer, yang merupakan lapisan yang berhubungan lansung dengan perangkat hardware.
  2. Cre Server Layer, merupakan lapisan yang berisi layanan untuk sistem dasar yang digunakan semua aplikasi.
  3. Media Layer, merupakan lapisan yang berisi grafis, audio, dan teknologi video yang diarahkan untuk menciptakan pengalaman multimedia yang luar biasa.
  4. Cocoa Touch Layer, lapisan terakhir yang merupakan lapisan teratas pada abstraction layers yang terdiri dari programming framework yang memungkin user dapat berinteraksi lebih atraktif di iOS karena dibangun dengan fokus yang lebih terhadap optimasi dan interface berbasiskan sentuh.
Sekarang kita akan lihat jenis-jenis iOS.
  • iOS 1.x (1.1.5) : dirilis pada tanggal 29 Juni 2007 bersamaan dengan dirilisnya iPhone pertama.
  • iOS 2.x : dirilis pada tanggal 11 Juli 2008 bersamaan dengan rilisnya iPhone 3G.
  • iOS 3.x : versi ini digunakan pada perangkat iPhone 3GS
  • iOS 4.x : pada 21 Juni 2010 dirilis tapi versi ini diperuntukkan untuk mendukung iPod Touch dan iPhone.
  • iOS 5.x : 6 Juni 2011, Apple merilis iOS 5 versi beta, mereka mengenalkan berbagai fitur terbaru yang ditanamkan pada iOS 5, diantaranya iMessage chat, sistem notifikasi baru, newsstand subscriptions, integrasi Twitter, Reminder App, Perangkat tambahan untuk media, integrasi secara penuh dengan iCloud, iOS 5 akan mendukung semua model iPad, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S serta iPod Touch generasi ke-3dan ke-4.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar