2012-03-14

Bagaimana Cara Mengetahui Software Yang Kompatibel Dengan Windows 8

Bagaimana Cara Mengetahui Software Yang Kompatibel Dengan Windows 8
pagacancang - Setelah beberapa hari yang lalu saya download Windows 8 Consumer Preview, saya coba install semua software yang biasa saya pakai dan saya gunakan, semua berjalan lancar. Windows 8 kali ini saya rasakan lebih ringan dari Windows 8 Developer Preview, dibalik kesuksesan itu ternyata ada hal yang sama terjadi pada waktu mencoba install CorelDraw X5 yang membutuhkan aplikasi NET. Framework, sedangkan CoreDraw X4 tidak membutuhkan aplikasi NET. Framework.
Untuk memenuhi syarat untuk bisa install CorelDraw X5 salah satu cara untuk mengaktifkan fitur NET. Framework adalah dengan masuk ke dalam Control Panel kemudian masuk ke System and Security setelah itu cari bagian Programs dan klik selanjutnya temukan Turn Windows features on or off pada bagian Programs and Features. jika sudah ketemu lansung klik dan kembali cari dan lansung ceklist Microsoft Net. Framework jika sudah klik OK. Trik ini berlakuk jika sobat terhubung dengan jaringan internet.

Sobat juga bisa melakukan installasi NET. Framework secara offline dan salah satu cara yang saya dapatkan adalah sebagai berikut :
Peralatan penting adalah File iso dari Windows 8, jika sudah ada sobat ekstrak file Windows 8 bisa menggunakan winrar bisa juga dengan mount iso, jika sudah sobat masuk ke folder windows 8 dan cari folder e:\sources\sxs\, jika sudah ketemu sobat tinggak copy paste file tersebut ke c:\dotnet35, apabila sobat tidak menemukan folder tersebut, sobat bisa membuatnya. Selanjutnya sobat buka jendela command prompt dengan catatan dijalankan dengan cara run administrator jika sudah masukkan kode berikut :
Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:c:\dotnet35 /LimitAccess
Jika sudah sobat tunggu prosesnya sampai selesai.

Untuk yang saya tes saya menemukan kendala pada saat lakukan installasi driver HP Laserjet 1020, proses installasi sukses status print HP ready namun tidak bisa menjalankan perintah print, keterangan print document juga ada namun tidak ada reaksi dari print HP. untuk print Epson R230X tanpa perlu installasi driver print bisa lansung terdeteksi tapi alankah bagusnya sobat tetap lakukan installasi driver print karena hasil print yang didapat tidak maksimal, hasil print gambar buram.

Untuk sobat yang berminat ingin memakai Windows 8 Consumer Preview alahkah bagusnya masuk dahulu ke web microsoft untuk melakukan cek apa saja yang sudah Compability Windows 8 Consumer preview, sekalian sobat ikut andil memberikan feeback kepada Microsoft.