2012-03-14

Cara Lihat Komputer Kena Virus/Malware Atau Tidak

Cara Lihat Komputer Kena Virus/Malware Atau Tidak
pagacancang - Virus dan Malware masih menjadi musuh utama pengguna komputer, berbagai ancaman terhadap user dari berbagai macam virus yang datang setiap waktu, mulai dari pencurian data, kerusakan hardware membayangi pengguna komputer.

Cara yang paling bagus atasi ini adalah dengan melakukan Mematikan process, kemudian cari dan hapus file induk Virus atau Malware dan beserta filenya yang lain dan terkahir adalah mengembalikan settingan yang telah dirubah virus ke pengaturan default.

Ada tool atau aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melihat proses apa saja yang sedang berjalan pada perangkat komputer yaitu Hijackthis. jika sudah bisa kita lihat selanjutnya kita harus bisa membedakan mana file yang benar dari windows dan mana file yang dibuat oleh virus atau malware. caranya adalah dengan mengetikkan nama file yang sedang melakukan proses ke Google Search, dan temukan jawaban dari hasil pencarian. Contohnya smss.exe

Sekarang bagaimana cara kita melihat dan membuka penyamaran virus atau malware dikomputer kita. biasanya virus atau malware banyak menyerupai sistem operasi sehinnga sulit untuk ditemukan, proses yang sering ditiru oleh virus atau malware adalah smss, svchost, services, untuk menghentikan proses ini bisa menggunakan Tool Process XP, atau bisa juga dengan The Killer Machines.

Dengan menggunakan Process XP sobat benar-benar dapat membedakan mana file system yang benar-benar sedang melakukan process dan mana file system yang merupakan sebuah penyamaran dari virus atau malware. Process file system windows selalu mempunyai nama perusahaan Microsoft, sedangkan virus yang menyamar tidak memiliki code name company dan icon yang biasa digunakan biasanya berbentuk icon folder, icon winamp, icon k-lite, icon WMP dan icon yang lainnya.

Apabila sobat menggunakan The Killer Machines, sobat tinggal klik bagian process dan satu persatu pilih process yang sedang berjalan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.