2012-03-18

Cara Mencegah Windows Update Reboot Paksa Komputer

Cara Mencegah Windows Update Reboot Paksa Komputer
pagacancang - Apakah sobat sering melakukan Update Windows, jika iya pastinya tidak asing lagi jika setiap saat komputer akan mengeluarkan kotak dialog Windows Update yang memberitahu kita untuk me-reboot komputer tapi kita sering tidak pedulikan kotak dialog tersebut karena mungkin sibuk melakukan pekerjaan atau bermain game.

Kejadian yang sering saya alami tiba-tiba muncul kotak dialog Windows Update memberutahu kalau komputer akan reboot dalam 5 menit, jika ini sudah keluar komputer kita akan direboot secara paksa oleh sistem. sepertinya Windows juga dirancang untuk user yang tidak mendengarkan peringatan Windows Update hingga sistem sendiri akan mereboot komputer secara paksa.

Kita masih bisa mengakali kejadian ini agar komputer kita tidak direboot paksa oleh sistem, caranya adalah dengan menonaktifkan Windows Update untuk sementara, kita masih akan medapatkan prompt peringatan tapi tidak akan dipaksa untuk reboot. Caranya adalah :

Masuk ke regedit selanjutnya masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\WindowsUpdate\AU jika sobat tida menemukan berarti dalam registry sobat belum ada, jika demikian sobat tinggal membuat DWORD (32) baru dengan nama NoAutoRebootWithLoggedonUsers dan berikan nilai 1 untuk mencegah reboot otomatis, jika ingin kembali kepengaturan awal kita tinggal mengganti nilai 1 menjadi 0.

Jika sobat sudah buat seperti ini pemaksaan reboot otomatis dalam 5 menit tidak akan muncul lagi walaupun prompt peringatan dari Windows Update selalu keluar.