2012-03-15

Cara Perbaiki Memory Atau Ram Rusak, Error Dan Tidak Terdeteksi

Cara Perbaiki Memory Atau Ram Rusak, Error Dan Tidak Terdeteksi
pagacancang - Tiba-tiba perangkat komputer tidak mau hidup, atau hidup namun tidak bisa masuk Windows, setelah diperiksa ternyata Ram atau Memory yang ada tidak terdeteksi, atau error atau juga dikarenakan mati. Kalau sudah seperti ini cara tercepat yang kita lakukan adalah dengan membeli ram yang baru.

Tidak ada salahnya sobat mencoba cara perbaiki memory yang menjadi postingan blog saya kali ini. siapa tahu cara ini berhasil dan bisa membuat sobat berhemat.

Sebelumnya sobat sediakan beberapa alat untuk perbaiki memory yang error, mati atau tidak terdeteksi :
  1. Memory yang rusak (pasti).
  2. Avometer.
  3. Tiner/karet penghapus.
Jika sudah sekarang kita akan mulai perbaiki Ram yang rusak
  • Bersihkan memory dengan kain dengan cara menggosok pin-pin (kaki-kaki) memori, ini bertujuan untuk memancing ion-ion pada pin memory agar konduktornya lebih aktif. Atau sobat bisa menggosoknya dengan Karet penghapus.
  • Setelah dibersihkan dengan cara diatas coba tes dulu memory ke perangkat komputer atau notebook, apakah dengan cara diatas sudah bisa kembali membuat memory bisa digunakan. Jika masih belum bisa dipakai sobat pagacancang jangan patah semangat, sobat bisa lakukan dengan cara lain.
Cara ini memanfaatkan aliran arus listrik battery dari avometer yang dialirkan kedalam ke sirkuit-sirkuit IC/Chipset memory, cara ini sama dengan cara kerja Clear CMOS pada motherboard apabila mengalami Crash atau mati.
  • Cabut kembali memori dan gunakan arus battery dari Avometer, caranya : sobat arahkan skala avometer pada Ohm bisa di posisi 1K, 10K atau juga 100K.
  • Jarum Negative (-) Avometer biasanya berwarna hitam ditempelkan pada salah satu pin/kaki memory, sedangkan jarum positive (+) warna merah sobat gosokkan pada seluruh pin/kaki memory.
  • Jika sudah selesai sobat coba pasang kembali memory ke perangkat komputer sobat.
Semoga Tip seputar komputer dan software yang saya tulis bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.