2012-03-12

Penyebab Perangkat Komputer Sering Restart

Penyebab Perangkat Komputer Sering Restart
pagacancang - Tiba-tiba perangkat komputer sobat restart sendiri, belum masuk windows restart lagi, belum lama mengerjakan pekerjaan restart lagi. rasanya pengen banting perangkat komputer yang sobat pakai, eit, tunggu dulu jangan keburu nafsu dan marah mau banting, sobat kenali dan pelajari apa yang menjadi penyebab semua itu, bila sobat mau sobat bisa belajar sendiri dan memperbaiki sendiri tanpa harus memberikan kepada teknisi.

Perangkat komputer restart sendiri disebabkan oleh fluktuasi daya atau karena terjadi kesalahan sistem. berikut adalah beberapa penyebab komputer mengalami restart sendiri.
  1. Program yang crash disebabkan oleh malware atau virus selain itu bisa juga dikarenakan software dan aplikasi yang tidak cocok dengan spesifikasi perangkat komputer sehingga perangkat pc gagal mengolah data.
  2. Terjadinya kerusakan pada hardware juga bisa membuat perangkat komputer restart sendiri, ini bisa terjadi pada bagian kapasitor pada motherboard, atau disebabkan oleh processor yang panas, apabila processor mengalami panas yang berlebih secara otomastis windows akan restart sendiri atau mati dan komputer baru bisa dihidupkan jika suhu processor sudah dingin kembali. Atau faktor lain dikarenakan memori yang kotor dan rusak serta VGA juga mempengaruhi dari kinerja komputer.
  3. Low Memory, ini juga menjadi slah satu penyebab komputer restart sendiri. Karena secara tidak sadar kita menjalankan begitu banyak program yang membutuhkan resource memori yang cukup besar sedangkan memori komputer yang ada tidak memenuhi kebutuhan tersebut.
  4. Terjadinya kerusakan pada sistem windows juga menjadi penyebab perangkat komputer restart sendiri.
  5. Faktor Listrik juga menjadi salah satu penyebab restart sendiri bisa dikarenakan faktor PSU (Power Supply Unit) atau bisa juga terjadinya lonjakan Power listrik secara tiba-tiba yang menyebabkan komputer gagal dalam pengolahan windows.
Itulah beberapa faktor yang sering menjadi penyebab kenapa perangkat komputer kita sering restart sendiri atau mati sendiri.