Selasa, 06 Maret 2012

Tes Windows 8 Consumer Preview (Review)

Tes Windows 8 Consumer Preview (Review)
Setelah kemaren sibuk download Windows 8 Consumer Preview 32-bit (x86) dengan ukuran file sebesar 2.35 GB, lansung file .iso di burning dan siap di instal. sempat penasaran juga dengan windows 8 terbaru ini apakah masih sama dengan Window 8 Devoloper Preview atau berbeda,
Dengan rasa penasaran Proses Installasi akhirnya saya lakukan sampai selesai memang bila dilihat ada perbedaan antara Windows 8 Developer dengan Windows 8 Consumer, mulai dari proses installasi sampai selesai walau perbedaan itu tidak banyak. Setelah menunggu beberapa saat proses install selesai dan berjalan dengan lancar dan akhirnya saya pun menikmati Windows 8 Consumer, hanya satu kata yang bisa saya ucapkan luar biasa dan menabjukkan.

Sebenarnya saya bingung mau bagaimana sharenya kepada sobat pagacancang, apalagi saya punya penyakit malas mengetik, namun demikian saya akan coba untuk berbagi kepada para sahabat dengan tulisan dan kata-kata apa adanya.

Berikut saya sertakan beberapa image dari windows 8 Consumer Preview
  • Tampilan Metro yang bersifat real-time yang terdiri dari berbagai tiles yang bisa diatur sesuai dengan kehendak pengguna. ini sama dengan Windows 8 Developer Preview, perbedaannya ada pada komponen tiles.
Windows 8
  • Masuk ke Desktop tidak ada perbedaan dengan Windows 8 Developer Preview, tapi setelah kita coba untuk masuki yang lain baru akan terlihat perbedaannya. yang lebih mencolok perbedaannya adalah pada taskbar, untuk Windows 8 Developer disudut kiri bawah masih ditempatkan logo Windows, sedangkan untuk Windows 8 Consumer Logo ini sudah dihilangkan.


    Windows 8
     Windows 8

    • Selain itu juga ada perbedaan di icon Computer dalam explore.
    • Socialia pada Windows 8 Developer pada Windows 8 Consumer tidak lagi disertakan lagi tapi diganti dengan app people.
    Windows 8

    Untuk installasi software semua berjalan lancar, jauh beda dengan Windows 8 Developer Preview yang memang mengalami gangguan. kendala yang dihadapi adalah saat melakukan install software yang membutuhkan applikasi NET, Framework, yang harus kita lakukan adalah adalah :
    1. Masuk Control Panel.
    2. Pilih System.
    3. Pilih Program pada bagian kiri.
    4. Klik Turn Windows feature on or off pada Program and Features.
    5. Pilih Option Microsoft NET. Framework untuk mengaktifkan fitur NET. Framework (catatan : Komputer harus terhubung dengan koneksi Internet).
    6. Klik OK.
    7. Akan muncul pilihan apakah kita akan melanjutkan dengan cara mendownload atau kita tidak melanjutkan. Pilih untuk melanjutkan yang pertama, jika sudah tunggu beberapa saat sampai proses download selesai.
    8. Restart Komputer jika sudah selesai.
    Langkah di atas saya lakukan saat saya akan melakukan install Coreldraw X5.

    Untuk urusan browsing Windows 8 Consumer tetap menyertakan IE 10 yang saya rasa sudah cukup bagus untuk melakukan berselancar didunia maya.  Untuk performance Windows 8 Consumer Preview saya rasakan lebih ringan dari Windows 8 Developer Preview apalagi bila dibandingkan dengan Windows 7. Setingan untuk perangkat yang touch juga telah disertakan lansung, fitur ini menjadi sia-sia jika OS ini terinstall di perangkat komputer yang non touch.

    Untuk akses setingan baik itu setting personal, Account, password, time dan date serta pengaturan lainnya dibuat sedemikian mudah sehingga memudahkan user untuk melakukan optimasi terhadap perangkat komputernya.

    Pastinya Windows 8 Consumer Preview tetap akan berbeda dengan versi resminnya nanti, apalagi nanti jika sudah resmi Windows 8 juga dibagi-bagi kedalam beberapa type seperti Windows 7.

    Untuk melihat gambar screenshoot Windows 8 Consumer yang lain bisa melalui Windows 8 Consumer Preview ada 30 lebih gambar

    Sedangkan untuk melihat screenshoot Windows 8 Developer bisa melalui Windows 8 Developer Preview














    Tidak ada komentar :

    Posting Komentar