Kamis, 08 Maret 2012

Cara Baru Trojan DAAA Jebak Korban Dengan "Recycle Bin"

Cara Baru Trojan DAAA Jebak Korban Dengan "Recycle Bin"
pagacancang - Bila kita bicara masalah Virus, Malware, Trojan, Worm tidak akan habisnya. Pasti ada hal yang baru yang akan menjadi bahan perbincangan dan topik yang akan menjadi bahan, Kali ini kita akan bahas salah satu dari sekian banyak virus, malware atau trojan yang ada yang berusaha menginfeksi perangkat komputer dengan berbagai cara.
Begitu juga dengan Trojan DAAA seperti halnya dengan trojan yang lain yang berusaha masuk ke sistem komputer dengan mengubah "My Computer" menjadi "Recycle Bin", setelah trojan ini bisa melakukan ini, virus ini akan juga akan menciptakan file duplikasi lainnya yang berektensi .exe sehingga komputer akan dipenuhi dengan file virus dan pada akhirnya kapasitas harddisk akan menjadi penuh atau Low Disk Space.

Virus ini dibuat dengan menggunakan Visual Basic memanfaatkan file folder yang diduplikasikan untuk mengelabui user agar file duplikasi diklik atau dijalankan dengan begitu virus ini dapat menyebarkan file duplikasi kesemua folder dengan ukuran file 356 kb.

Virus ini mempunyai beberapa ciri-ciri sebagai berikut :
  • Memiliki ukuran file sebesar 356 kb
  • Mempunyai type file Application
  • File berekstensi .exe
Bila virus ini sudah menyebar ada beberapa lokasi virus ini membuat file duplikasi diantaranya :
  1. C:\Documents and Setting\All users\Star Menu\Programs\Startup\Startup.exe
  2. C:\Documents and Setting\%User%\Start Menu\Programs\Startup\Angel2.exe
  3. C:\Documents and Setting\%User%\Start Menu\Programs\Startup\Startup.exe
Bila komputer sudah terinfeksi virus ini pertama kali saat masuk  windows akan muncul pesan error Microsft Windows, hal ini terjadi karena virus ini aktif bersamaan dengan proses Explorer Windows saat startup, atau apabila kita menuju kesuatu situs  microsoft internet explorer alamat ini tidak akan dapat ditampilkan karena adanya pesan error yang keluar.

Membuat file duplikat adalah keahlian virus ini, virus ini akan membuat file duplikat dengan nama yang sama dengan folder tersebut namun folder yang dibuat berekstensi .exe misalkan kita buka foder dengan nama data, maka virus ini akan membuat file duplikat dengan nama data.exe, bisa sobat bayangkan apabila setiap file virus ini kita klik, virus ini akan jalan dan mengambil resource memori sebesar 7000kb dan bisa sobat terka apa yang akan terjadi dengan komputer kita?, komputer kita akan menjadi lambat dan fatalnya jika dipaksakan komputer akan hang.

Selain itu virus ini juga melakukan blokade terhadap beberapa fungsi windows seperti Task Manager, CMD, Folder Options, dan Registry dengan membuat fungsi string pada sistem registry. dengan memanfaatkan fungsi registry virus ini akan bisa berjalan saat pertama kali kita melakukan login komputer.

Yang paling mengagumkan dan menjadi kelebihan tersendiri virus ini adalah kemampuannya merubah icon My Computer menjadi Recycle Bin untuk mengelabui agar kita salah klik folder atau meletakkan file data.

Jadi wajar jika kita memang harus bersikap waspada, baik terhadap virus ini ataupun virus yang lain, karena sekali terinfeksi maka kinerja komputer akan turun drastis tentunya akan mengganggu pekerjaan kita, apalagi sekarang media penyebaran virus banyak memanfaatkan jaringan komputer (LAN) dan USB flashdisk.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar