Jumat, 02 Maret 2012

Suhu PC Lebih Stabil Dengan Menggunakan Sistem "Liquid Cooling"

Suhu PC Lebih Stabil Dengan Menggunakan Sistem "Liquid Cooling"
pagacancang - Sambil begadang menyelesaikan pekerjaan perbaikan notebook toshiba yang Harddisknya Bad Sektor, sampai mengalami trouble tidak bisa masuk bios karena CMOS bermasalah, setelah dibongkar akhirnya notebooknya kembali bisa di Install walau untuk saat ini harddisk hanya terdeteksi sebesar 75GB dari 250GB kapasitas harddisk keseluruhan. yang akan saya bahas kali ini bukan masalah bagaimana cara mengatasi masalah notebook toshiba yang sedang saya kerjakan tapi saya akan bahas mengenai sistem "Liquid Cooling".

Penggunaan Sistem pendingin Liquid Cooling pada saat ini sudah umum dipakai pada pc harian ayau rumahan, pemasangan ini bukan hanya sekedar gaya dan gensi tapi melainkan untuk mengimbangi teknologi CPU dan GPU yang beredar dipasaran pada saat ini mempunyai tingkat kecepatan yang tinggi sehingga membutuhkan perhatian khusus dalam hal untuk mengatasi panas yang dihasilkan dari perangkat hardware.

Saat ini sudah banyak sekali HSF dengan mengandalkan pendingin udara yang diciptakan untuk mengatasi suhu panas yang dihasilkan perangkat komputer, selain masalah suhu yang harus dihadapi sekarang juga muncul permasalahan baru pada perangkat komputer yang digunakan secara ekstrem yaitu masalah bising, karena itu banyak pengguna perangkat komputer Desktop memakai sistem Liquid Cooling sebagai alternatif untuk mengatasi kedua hal tersebut.

Untuk membuat sistem Liquid Cooling ini dibutuhkan beberapa peralatan dan bahan, yang paling utama adalah komponen Liquid Cooling itu sendiri serta casing yang sudah dipersiapkan untuk pemasangan sistem Liquid Cooling.

Apa saja komponen dari Liquid Cooling tersebut?, perangkat Liquid Cooling meliputi :
  • Waterblock.
  • Reservoir.
  • Pompa.
  • Selang.
  • Radiator.
  • Cooling Fluid.
  • Nipel.
Untuk proses pembuatan sobat pagacancang bisa mencarinya di Google, cara pembuatannya banyak dimuat oleh sobat blogger.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar