2012-02-06

Blackberry jadi Hotspot Wi-Fi

Buat Sobat pagacancang blog yang mempunyai blackberry ternyata sekarang blackberrynya bisa dijadikan Hostpot Wi-Fi, sekarang saya akan coba paparkan caranya semoga bermanfaat.

Alat dan bahan : pastinya Blackberry dengan OS versi 7.1 dan layanan data internet diluar paket BIS (blackberry Internet Service). Setelah semua alat dan bahan lengkap sekarang bagaimana cara selanjutnya?.

- Seting APN sesuai dengan operator yang sobat gunakan (Menu option -> device -> advance system settings -> TCP IP). setelah di isi kemudian back dan save.
- Aktifkan Wi-Fi dan kemudian aktifkan Mobile Hotspot yang ada dibawah Wi-Fi On.
- Masukan seting APN sesuai operator yang digunakan. kemudian OK. dilayar akan muncul jendela pemberitahuan jumlah maksimal perangkat yang dapat terhubung denga Mobile Hotspot setelah itu OK lagi.
- Buka Option -> Networks and Connections -> Mobile Hotspot Connection. Disini sobat akan lihat bisa melihat berapa lama fitur ini aktif dan perhitungan data yang digunakan.
- Untuk selanjutnya klik Option untuk mengganti nama atau membuat nama layanan Hotspot serta pilih Security Type WPA/WPA2 Personal kemudian tentukan password untuk yang ingin berhubungan.

Fitur ini juga bisa sobat pagacancang blog atur waktu aktif dan non aktifnya secara otomatis dengan pilihan Auto Shutoff Timer. bagaimana mudah bukan?

Berikut saya akan sertakan pengaturan APN untuk operator Indonesia.

Telkomsel
APN : telkomsel
Username : wap
Password : wap123

XL
APN : www.xlgprs.net
Username : xlgprs
Password : proxl

Indosat
APN : indosatgprs
Username : indosat
Password : indosat

Matrix
APN : indosat3g
Username : indosat
Password : indosat

IM3
APN : www.indosat-m3.net
Username : gprs
Password : im3

3
APN : 3gprs
Username : 3gprs
Password : 3gprs

AXIS
APN : AXIS
Username : AXIS
Password : 123456

AHA
APN : AHA
Username : aha@aha.co.id
Password : aha

Smartfren
APN : smartfren
Username : smart
Password : smart