2012-03-04

Cara Baru Menyimpan Data Telah Ditemukan

Cara Baru Menyimpan Data Telah Ditemukan
pagacancang - Sekelompok peneliti telah menemukan sebuah metoda baru untuk menyimpan data 100 lebih cepat dari yang ada saat ini. Peneliti ini berasal dari York University yang terdiri dari peneliti multinasional, mereka menemukan bahwa energi panas bisa digunakan untuk melakukan penyimpanan data bila dibandingkan dengan media magnetik, padahal sebelumnya media penyimpanan dengan menggunakan energi panas ini awalnya dibilang mustahil untuk dilakukan.


Terus bila memang dengan menggunakan metoda energi panas bagaimana caranya?. Metoda ini didemonstrasikan dengan menembakkan sinar laser dengan intensitas 1/10.000 nanosekon dan pada akhirnya akan menghasilkan panas yang cukup untuk mengubah polaritas dari media magnetik yang ada. dengan cara ini ternyata mampu digunakan untuk merekam (menyimpan) informasi ke dalam media magnetik.

Dengan begitu metoda ini mampu menyimpan data hingga bertera-terabyte hanya dalam hitungan detik, selain itu karena metoda ini tidak melibatkan medan magnetik, metoda ini juga menggunakan energi yang sangat kecil, Walaupun metoda baru ini sudah ditemukan namun masih jauh dari harapan dan belum stabil, sampai sekarang para peneliti masih berusaha bagaimana caranya untuk menembakkan laser yang cukup bertenaga ke read head pada hard drive tanpa harus mengeluarkan daya yang besar.

Bila metoda ini berhasil maka dapat dipastikan Hard drive dengan metoda magnetik dapat dipastikan akan tersingkir. semoga kedepan nanti metoda ini bisa menjadi kenyataan.